Jumat, Februari 27, 2009

Pesawat antariksa dari kulit buaya

Kebanyakan benda di alam tersusun atas berbagai jenis unsur pembentuk. Ini dikenal sebagai ‘komposit’. Fiberglass atau serat kaca yang kini dipakai di berbagai bidang, adalah komposit buatan. Bahan ini ringan, kuat dan lentur. Serat kaca dipakai dalam pembuatan: alat olah raga, mobil balap Formula satu, perahu layar, dan bahkan bagian pesawat udara dan antariksa. Ternyata bahan serupa juga ditemukan di sejumlah makhluk hidup, dan sudah ada sejak mereka muncul di dunia. Salah satunya adalah buaya.
Jaringan khusus pada kulit tebal buaya mempunyai struktur serupa serat kaca. Jaringan ini menjadi sangat kuat oleh serat yang dikandungnya. Penambahan serat ke dalam jaringan menjadikannya sungguh kuat. Komposit tiruan jauh lebih lemah dan kalah unggul dibandingkan ini.
Komposit alami, sebagaimana semua bahan di alam, adalah contoh kesempurnaan ciptaan Allah yang tiada tara. Allah mengisyaratkan dalam Al Qur’an bahwa terdapat contoh-contoh ini pada makhluk yang Dia ciptakan:
Dan pada penciptaan kamu dan pada binatang-binatang yang melata yang bertebaran (di muka bumi) terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk kaum yang meyakini, (QS. Al Jaatsiyah, 45:4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar